Cari Blog Ini

Jumat, 18 Maret 2016

Jodoh Yang Pas


Postingan ini dibuat dalam rangka mengikuti project #NgakakBarengKopiABC


 Suatu sore, ingin sekali saya berkunjung ke rumah Simbah saya yang rumahnya ga jauh dari rumah. Cuma lima langkah dari rumah, ya dialah Mbah Lima Langkah dari rumah.., kalau lagi kangen tinggal nongol depan pintu terus bilang “ha...”.  “Nduuuuk*, mbok sini temenin Simbah to” Lha baru mau mangap ini mulut, Suara nyaring Mbah Kakung udah duluan memanggil dari teras belakang rumahnya, segera saya bergegas menghampiri ke sana. “Iya Mbah, saya baru aja mau kesini juga” Kulihat simbah sedang duduk santai ditemani secangkir kopi hitam dan ubi rebus seperti biasanya. “Lagi ngopi Mbah?” tanyaku basa-basi. “Lha iya to nduk ngopi syantiiik biar gaul dan kekinian, Sini, duduk sini, hari ini kamu belum cerita ke Simbah,update berita terbaru. Itu Si Haji Lulung bagaimana kabar, jadi nyari relawan dari mesjid ke mesjid, terus itu Pak Mario Teguh update status apa hari ini Nduk ?” Jangan heran ya gan, kalo kosakata simbah saya jadi agak alay gitu. Seratus persen itu karena simbah adalah korban pertama ke-alaya-an saya, bukan karena social media, apalagi karena Pak Jokowi.
 Jadi hampir setiap sore, saya selalu menemani simbahku ini ngopi, sambil bertukar cerita. Kalo lagi kehabisan ide cerita saya bacakan aja tuh update-tan dari timeline facebook atau portal berita, biar simbahku juga kekinian. Itung-itung membayar cerita-cerita kancil dulu yang saban malam sebelum tidur selalu kutagih dari Simbah, kalo belum didongengi Simbah dipastikan saya akan terus berkeliaran sepanjang malam dan bikin pusing orang serumah.
Sore itu, Kami terus bergantian bercerita dari harga cabai keriting yang harganya naik ga ketulungan dan sampai bikin ibu-ibu tukang gosip berhenti bergosip tentang si Itu punya apa baru, duitnya dari mana, kemarin habis beli TV baru, sekarang udah bisa beli kulkas. Eh usut punya usut ternyata lakinya jualan cabe di pasar pas laris pas harganya mahal. Perhatikan baik-baik, jualan cabe ya, cabe ini mahal beneran, cabe pedas buat sambel bukan cabe-cabean.
Ngomongin yang pas nih, saya dan simbah punya cerita menarik. “Nduk kapan kamu mau nikah?” pertanyaan yang sama yang diulang-ulang sudah seperti adzan saja. “Iya Mbah kalo sudah ketemu jodoh, doakan saja ya Mbah”jawabanku masih sama diulang-ulang juga seperti iqamah. “Mau nyari yang seperti apa to Nduk?, Lihat Ninimu itu lho, dulu nyari jodoh ga banyak syarat seperti anak jaman sekarang, kudu lulus kuliah S1, mapan, harus ini itu..., malah mumet nanti kamu Nduk”. Saya cuma mangut-mangut, “Kalo menurut Mbah milih jodoh itu yang kaya gimana?” tanyaku beberapa saat kemudian. “Lha yo yang pas aja sudah cukup to nduk, ndak usah ditambah syarat macem-macem, kaya lowongan kerja aja”. “Maksudnya Mbah?” tanyaku kembali. Simbah menarik nafas pelan,kemudian menatapku, siap memberi nasehat terbaiknya hari ini, nasehat Simbah of the day. “Gini lho Nduk, jodohmu nanti itu harus nyari yang pas, Pas dibawa kondangan ga malu-maluin, paling ga ya punya tampang seperti Simbah saat muda dulu” katanya dengan muka serius tapi garis senyum tipis terlukis di sudut bibirnya. “Ah, Mbah yang mau sama simbah juga cuma  Nini doank, terus apa lagi Mbah?.” Dia melanjutkan “Penghasilannya juga harus pas”. “Kalo bisa penghasilannya harus gede donk Mbah, biar bisa buat beli rumah, beli sawah”potongku. “Yo ndak,  penghasilan pas aja udah cukup nduk, pas kamu minta beliin lipstik limaratus ribuan, minta tas apa itu yang mahal, atau minta piknik suamimu pas ada duit, iya to” Tawa kami pecah, Kulirik Simbah, kali ini dia tertawa lepas, keliatan gusinya sudah ompong semua, keriput di sekitar matanya semakin jelas. Simbah menyeruput kembali kopinya yang sudah mulai dingin. Tapi saya percaya hatinya tetap hangat, sehangat sore ini.
Baca juga Kopi Gombal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar